Menimbang Untung Rugi Mengambil KPR Rumah Inden

Menimbang Untung Rugi Mengambil KPR Rumah Inden

Property

Sekarang ini, makin banyak program dan fasilitas keuangan yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Salah satunya adalah pinjaman KPR atau kredit kepemilikan rumah. Kamu bisa ambil kredit rumah inden atau belum jadi untuk wujudkan rumah imajinasimu. Namun, sebelumnya, timbang dulu untung ruginya!

Apa Itu KPR Rumah Inden?

Sebagian dari kamu mungkin belum tahu apa yang dimaksud dengan KPR rumah inden. KPR Inden ini adalah pinjaman KPR yang ditujukan untuk rumah yang belum jadi baik itu masih dalam tahap pembangunan atau baru berupa skema pembangunan. Jadi, rumah yang kamu cicil baru bisa ditempati sesuai dengan kesepakatan waktu yang sudah ada.

Meski rumah tersebut masih dalam tahap pembangunan atau malah belum dibangun, kamu tetap harus membayar cicilan karena mengambil pinjaman KPR di bank. Jenis KPR yang satu ini cukup banyak ditemukan praktiknya di Indonesia sebab untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Apa Untung Rugi Ambil KPR Inden?

Keuntungan Mengambil Rumah Inden

  1. Mendapatkan Harga yang Lebih Murah

Salah satu keuntungan yang didapat dengan membeli rumah inden ini adalah mendapatkan harga yang lebih murah dari rumah yang sudah jadi. Harga rumah selalu naik dari waktu ke waktu. Jadi, jika kamu membeli rumah yang sudah selesai dibangun, tentu harganya akan jauh lebih mahal ketimbang yang belum jadi.

  1. Desain Rumah Sesuai Keinginan

Berhubung rumah yang akan kamu beli belum dibangun, maka kamu masih memiliki kesempatan untuk memiliki desain yang sesuai keinginan. Kamu bisa meminta desain rumah yang bikin relax yang sesuai keinginan. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memanfaatkan jasa desain interior atau jasa arsitek untuk membangun rumah tersebut.

Dengan begitu, konsep desain rumah bisa sesuai dengan apa yang sudah kamu bayangkan sebelumnya. Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih jasa desain properti terpercaya dan profesional agar hasil rumah kamu memuaskan.

Kerugian yang Bisa Dialami

  1. Developer Kabur

Meski ada keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengajukan KPR inden, namun ada juga kerugian yang harus kamu waspadai. Salah satunya adalah developer yang kabur. Bisa saja pihak pengembang melarikan diri sebelum rumah selesai dibangun karena berbagai alasan.

Biasanya, alasan yang digunakan developer yang kabur ini adalah bangkrut, developer curang dan membawa kabur uang debitur serta berbagai alasan lainnya. Tentunya, kamu harus memperhatikan semua ini dan harus waspada agar tidak dirugikan karena sudah kehabisan uang namun rumah tak didapat.

  1. Legalitas Lahan Area Perumahan

Hal lain yang wajib kamu perhatikan saat membeli rumah inden adalah legalitas lahan area perumahan tersebut. Sebelum akad pembelian rumah berlangsung, kamu harus memastikan seperti apa legalitas dari tanah yang akan didirikan di bangunan rumah. Jangan sampai terjadi masalah dan sengketa di kemudian hari saat rumah sudah selesai dibangun.

Kamu bisa meminta bukti surat atau sertifikat tanah kepada pengembang sebelum melakukan transaksi. Jika memang tidak ada masalah dan tanah terbukti legal, biasanya pengembang tak akan masalah menunjukkan surat tersebut. Hal ini bisa membuat kamu bernapas lega dan melanjutkan transaksi.

  1. Spesifikasi Rumah Tidak Sesuai Perjanjian

Hal lain yang bisa jadi kerugian bagi kamu ketika membeli rumah inden secara KPR adalah spesifikasi rumah yang tidak sesuai dengan perjanjian yang ada. Terkadang, ada pihak pengembang yang membangun rumah inden dengan spesifikasi jauh dari contoh yang sudah diberikan.

Alhasil, pembeli yang sudah mendambakan rumah sesuai dengan harapan akan merasa kecewa dan dirugikan. Belum lagi jika tambahan bahan yang digunakan di bawah standar sehingga kualitas bahan bangunan lebih rendah dari yang seharusnya.

  1. Rumah Terlambat Selesai Dibangun

Risiko lainnya yang mengintai bila kamu membeli rumah inden adalah rumah akan terlambat selesai dibangun. Kejadian yang satu ini cukup sering terjadi di Indonesia sekarang ini. Ada banyak kejadian di mana pihak pengembang memakan waktu yang lebih lama dalam membangun rumah.

Hal ini membuat rumah baru bisa selesai setelah melewati waktu yang sudah disepakati. Ini tentunya bisa merugikan pembeli karena pembeli sudah membutuhkan rumah tersebut namun belum juga bisa ditempati lantaran belum selesai.

Jika Developer Kabur dan Rumah Belum Jadi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, salah satu risiko yang bisa menimpa kamu ketika membeli rumah inden adalah developer kabur sebelum rumah selesai. Kalau hal yang satu ini terjadi, maka kamu harus melakukan tindakan penanggulangan yang cepat. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah menempuh jalur hukum.

Artinya, kamu harus membawa perkara tersebut ke pengadilan dengan berbagai bukti dokumen yang dimiliki dan sudah ditandatangani. Pastikan untuk selalu menyimpan semua dokumen yang berhubungan dengan KPR inden tersebut. Baik itu PPJB ataupun bukti pembayaran cicilan yang sudah kamu lakukan.

Proses ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama, bahkan tak jarang bertahun-tahun hingga selesai. Namun, hal ini tidak menjadi jaminan bahwa kamu bisa memenangkan gugatan hukum tersebut. Tapi, daripada kamu ikhlas saja menerima skenario terburuk itu dan uang kamu sama sekali tak kembali, lebih baik kamu menempuh jalur ini, kan?

Nah, bagaimana? Tertarik mengambil KPR untuk rumah inden? KPR jenis ini sebenarnya bagus kalau kamu bisa menemukan developer yang baik dan terpercaya. Kalau sudah menemukannya, kamu bisa dapatkan kredit rumah mudah sesuai dengan imajinasimu. Untungnya beli rumah inden, kamu bisa tata sesuai dengan impianmu sebelum jadi!