Tips Memilih Vitamin Penambah Nafsu Makan Agar Anak Kembali Lahap

Tips Memilih Vitamin Penambah Nafsu Makan Agar Anak Kembali Lahap

Kesehatan

Si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan harus mendapatkan asupan gizi yang dibutuhkan. Sayangnya, kendala terkadang datang saat anak mengalami susah makan. Oleh sebab itu, perlu vitamin penambah nafsu makan yang ditambah dengan jenis makanan lain yang merangsang anak untuk lahap makan kembali. Berikut tips memilih suplemen vitamin dan jenis makanan yang dianjurkan.

Tips untuk Memilih Vitamin yang Aman untuk Anak

  1. Perhatikan kandungan yang terdapat pada vitamin tersebut. Pastikan bahwa kandungan vitamin dan mineralnya tidak dalam kadar yang terlalu tinggi, misalnya 100% atau hampir menyentuh 100%. Hal tersebut perlu dihindari karena berbahaya bagi kesehatan anak;
  2. Pilihlah vitamin yang sesuai dengan usia anak;
  3. Pastikan bahwa vitamin penambah nafsu makan tersebut merupakan produk yang sudah terdaftar di BPOM;
  4. Hindari memilih vitamin yang memiliki kadar gula cukup tinggi;
  5. Sebaiknya pilihlah vitamin yang bentuknya cair atau kapsul agar anak tetap mengira itu adalah obat, bukan permen hisap. Dengan begitu, anak tidak akan ketagihan untuk terus mengonsumsinya secara berlebihan seperti memakan permen.

Makanan Agar Nafsu Makan Anak Bertambah

  • Jus Wortel

Saat mendapati anak memiliki nafsu makan yang menurun, pasti sebagai orang tua akan merasa resah karena takut kalau-kalau kebutuhan gizi tidak terpenuhi. Agar kembali membangkitkan nafsu makan anak, salah satu cara yang efektif adalah memanfaatkan jus wortel. Sudah umum diketahui bahwa wortel dapat membantu merangsang nafsu makan sekaligus kenaikan berat badan.

Sebelum dijus, sebaiknya wortel direbus terlebih dahulu untuk menghilangkan bau langunya. Dengan begitu, anak tetap mau meminum jus wortel tanpa terganggu oleh bau yang tidak mengenakkan. Jangan menambahkan gula terlalu banyak, dan sebagai gantinya tambahkan saja madu sebagai pemanis agar lebih menyehatkan. Berikan jus wortel kepada anak setiap 30 menit sebelum menyantap makanan.

  • Yogurt

Makanan perangsang nafsu makan anak lainnya adalah yogurt. Walaupun campuran rasa manis asamnya kadang tidak disukai oleh beberapa orang, namun kandungan yogurt cukup baik untuk kesehatan selama dikonsumsi dalam kadar yang normal. Selain penambah nafsu makan, yogurt juga kaya akan kandungan probiotik yang efektif menjaga kesehatan organ pencernaan anak.

Selain itu, yogurt juga dapat membantu meningkatkan imun anak. Yogurt tidak dinikmati sebagai hidangan utama, tentu saja, karena hanya sebagai camilan yang sehat. Oleh sebab itu, tetap harus diimbangi dengan makanan lain. Anda dapat memberikan yogurt kepada anak dalam bentuk minuman yang banyak dijual atau menjadikan yogurt sebagai dressing salada buah atau sayuran.

Anak yang sedang mengalami masa susah makan memang tidak boleh dibiarkan saja pun tidak dianjurkan untuk dipaksa makan. Sebagai orang tua harus memikirkan cara-cara cerdas yang dapat membuat si kecil tertarik menyantap makanannya. Memilih suplemen vitamin penambah nafsu makan dan memberikan makanan perangsang adalah cara efektif yang harus dilakukan. Selamat mencoba!